Sabtu, 10 Desember 2016

Ulasan 2 Operating Systems

Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk review sebuah video yang berjudul "Welcome - Introduction to Multi-core - Architecture of Modern Multi-Core Node" yang berdurasi sekitar 40 menit 9 detik.  URL: https://www.youtube.com/watch?v=crZwPhNjNiU

Pada awalnya memang CPU hanya memiliki satu buah core CPU,namun saat ini tren terlihat multicore telah menjadi standar dalam produksi prosesor modern. Multi-Core berbeda dengan Hyper-Threading, yaitu Hyper-Threading 'menipu' sistem seolah-olah ada lebih dari satu core, sedangkan multicore pada physical CPU benar benar memiliki banyak inti.

Dengan vektorisasi dan multithreading, sebuah program dapat berjalan berkali kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan single prosesor. Akan tetapi peningkatan ini tidaklah ideal, hal ini dikarenakan hukum Amdahl yang menyatakan adanya cost tersembunyi dalam program multicore.

Terdapat beberapa arsitektur sistem multicore, diantaranya Cray XE6/XK7 dengan prosesor AMD Interlagos, dan sistem komputer cluster dengan prosesor Intel Sandy Bridge.
Dalam pemrograman multicore, ternyata term cache, memory hierarchy, dan TLB (translation lookaside buffer) merupakan hal yang vital dalam mendesain sebuah sistem multicore.

Video ini agak sulit dimengerti bila tidak memiliki dasar yang kuat dalam struktur data dan operating system, dikarenakan topik multicore ini merupakan bagian dari Pemrograman Paralel. Akan tetapi penjelasan dijelaskan secara mendetail, walaupun sedikit membosankan namun secara umum materi pembahasan yang disampaikan bisa kita tangkap. Konten ini adalah bagi yang mau memperdalam topik-topik seperti multithreading, arsitekur hardware, dan paralel proses.

GITHUB Account   : erlanggaditya
URL Ulasan     : http://adityaerlangga91.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-2-operating-systems.html
URL Youtube      :  https://www.youtube.com/watch?v=crZwPhNjNiU (40:09)
Submisi Pertama  : 10 Desember 2016
Submisi Terakhir : 10 Desember 2016 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar